Jangan Khawatir! Berikut 5 Terapi Anak Terlambat Bicara yang Ampuh

Masalah keterlambatan bicara pada anak memang sering dikeluhkan orang tua. Lakukan terapi anak terlambat bicara yang tepat sebagai perawatan untuk kondisi bagi anak. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelainan pada perkembangan berbicara, disabilitas intelektual, gangguan pendengaran, diabaikan orang sekitar, kurangnya komunikasi dengan orang tua dan sebagainya.

Pada umumnya anak akan mulai berbicara dengan suara tanpa arti atau dengan ekspresi saat usia 3 bulan. Saat memasuki usia 6 bulan, anak akan mengeluarkan suara yang lebih jelas pelafalannya meski belum juga memiliki arti. Barulah pada usia 18-24 bulan, anak sudah mulai mengucapkan beberapa kata dasar yang memiliki arti.

Beberapa Cara Menerapkan Terapi Anak Terlambat Bicara

Anda bisa mengambil jasa terapis yang ahli dalam bidang membantu anak bicara, tapi besar juga keterlibatan orang tua dan keluarga di dalamnya. Ada beberapa hal yang bisa dikondisikan untuk menunjang kebutuhan sang buah hati. Jika anak Anda mengalami keterlambatan, coba lakukan beberapa terapi anak terlambat bicara berikut ini:

1. Mengikuti dan Membenarkan Semua Ucapan Anak

Terapiyang sederhana dapat dilakukan dengan mengikuti ucapan anak. Ikutilah suara anak meskipun Anda tidak mengerti maksudnya. Terapi ini akan membuat anak merasa bahwa ia sedang berbicara dengan Anda. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, cara ini dapat memberi kesempatan anak untuk mengobrol dengan orang tua.

2. Bermain dengan Anak Sambil Berbicara

Anda biasa bermain dengan anak? Jika iya, ajaklah anak untuk berinteraksi dengan mengajak anak berbicara. Ikutlah berbicara sesuai dengan objek yang dimainkan bersama anak. Misal saat anak sedang bermain Mainan Edukasi Anak 2 Tahun seperti boneka hewan, maka buatlah suara menyerupai hewan dan ekspresi yang mendukung. Dengan Anda bersuara atau berbicara, anak-anak akan perlahan mengikutinya.

3. Membiasakan dengan Membuat Narasi

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan menggunakan percakapan sehari-hari. Anda bisa melafalkan kata dalam bentuk narasi sebagai salah satu terapi anak terlambat bicara. Misalnya saat memakaikan baju, seperti “ Adik hari ini pakai baju gambar kartun ya,”. Anda bisa sambil memperlihatkan baju tersebut. Biasakanlah untuk berbicara dengan kalimat yang lengkap kepada anak.

4. Terapi Menggunakan Sedotan

Salah satu faktor anak terlambat bicara adalah pada koordinasi otot wajah dan mulut. Otot wajah dan mulut sangat mendukung kemampuan berbicara dengan sinyal dari otak. Mulailah dengan mengajari anak minum dengan sedotan aneka bentuk untuk membantu kekuatan otot mulut yang dibutuhkan anak saat berbicara.

5. Terapi Menggunakan Musik

Terapi anak terlambat bicara yang terakhir ini mungkin cukup menarik untuk dilakukan. Mendengarkan musik kepada anak dapat menjadi salah satu terapi yang bisa dilakukan. Musik dan nyanyian akan menarik perhatian anak untuk menirukannya. Anda bisa menyesuaikan jenis musik dan lagu sesuai dengan usia anak.

6. Sosialisasi Dengan Anak Seumurannya

Berikan anak peluang untuk berbicara dan berinteraksi dengan anak-anak seusianya. Biasanya mereka akan bicara dan bermain sesuai dengan minat dan keinginannya. Mungkin cara ini akan sulit pada awalnya. Temukan anak-anak dengan masalah terlambat bicara agar bisa ada keterkaitan antara keduanya.

7. Perbanyak Mengajak Bicara

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat anak nyaman untuk bisa berbicara. Buat momen bersama dan tanyakan banyak hal. Anak mungkin tidak ingin menjawabnya atau tidak bisa merespon dengan segera. Tapi ini adalah upaya yang bisa Anda lakukan secara kontinu yang akan membuat anak nyaman untuk membuka diri.

Apabila metode ini perlu ekstra tenaga, Anda bisa mencoba sekolah anak usia dini yang memang di dalamnya banyak kegiatan aktif. Misalnya bermain, bernyanyi, termasuk belajar bicara. Biasanya setelah masuk sekolah, anak bisa lancar berbicara karena jauh dari gadget, televisi, dan lebih banyak berkomunikasi. Jangan lupa selalu melihat perkembangannya dari waktu ke waktu.

Nanti lama-lama anak mulai menyuarakan kata-kata dan bisa berkomunikasi dengan keluarga dan lingkungannya dengan lancar. Saat masuk usia sekolah TK nanti pasti si kecil tidak ada bedanya dengan anak-anak lainnya dalam berbicara. Jangan lupa perhatikan Cara Memilih Sekolah TK yang Baik untuk Anak supaya perkembangannya terus maju.

8. Bicara Lebih Lambat

Ada banyak alasan mengapa anak bisa lambat berbicara. Coba untuk tidak berbicara terlalu cepat dengan sang buah hati. Coba pastikan anak bisa melihat gerakan bibir Anda yang digerakan dengan cara lambat. Semoga dengan pendekatan demikian, anak bisa lebih mudah memahami perkataan Anda.

Setiap anak tentu memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda. Jika anak mengalami kondisi ini, janganlah langsung panik. Lakukan terapi anak terlambat bicara di atas agar kemampuan anak bisa terlatih. Lengkapi pula asupan gizi yang baik bagi anak agar lebih optimal. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut terkait kondisi ini.