6 Manfaat Mainan Edukasi Anak 2 Tahun untuk Perkembangan

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk tumbuh maksimal. Pengajaran terbaik yang bisa anak dapatkan dimulai dari rumah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencoba mainan edukasi anak 2 tahun untuk meningkatkan perkembangan motoriknya.

Manfaat Mainan Edukasi Anak 2 Tahun untuk Perkembangan

Ada 6 manfaat yang bisa didapatkan saat orang tua bermain dengan anak. Manfaat tersebut bisa membantu dalam kehidupan setelah anak dewasa. Game adukasi juga baik dalam menyiapkan anak masuk tahap sekolah selanjutnya. Misalnya masuk ke Taman Kanak-kanak (TK). Jangan lupa juga Moms perhatikan

Ada 6 manfaat yang bisa didapatkan saat orang tua bermain dengan anak. Manfaat tersebut bisa membantu dalam kehidupan setelah anak dewasa. Game adukasi juga baik dalam menyiapkan anak masuk tahap sekolah selanjutnya.

Misalnya masuk ke Taman Kanak-kanak (TK). Jangan lupa juga Moms perhatikan cara memilih sekolah TK yang baik untuk anak supaya pendampingan Moms terhadap anak lebih optimal.

Berikut ini manfaat dari mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa orang tua dapatkan.

1. Mainan Melatih Motorik Halus

Melatih motorik halus pada anak bisa menggunakan beberapa mainan edukasi anak 2 tahun dengan pengawasan orang tua. Mainan untuk motorik halus, biasanya memiliki ukuran yang kecil dan banyak. Maka harus ada pendamping saat anak bermain.

Motorik halus pada anak bisa melatih otot tangan agar menggenggam benda menjadi lebih kuat. Kemampuan motorik bisa membantu anak untuk memecahkan suatu masalah dengan tepat.

Mainan yang bisa digunakan untuk melatih otot motorik halus seperti puzzle, kertas lipat, balok. Ajarkan anak untuk menggunakan gunting dengan hati-hati agar melatih genggaman saat memegang gunting.

2. Mainan Melatih Kreativitas

Saat pertumbuhan, kreativitas pada anak-anak sangat tinggi karena rasa ingin tahu yang meningkat. Orang tua bisa mengarahkan rasa ingin tahu tersebut dengan bermain mainan edukasi anak 2 tahun yang menarik.

Cobalah untuk mengajak anak membentuk suatu benda dengan menggunakan playdough atau menggambar sesuai dengan imajinasinya. Kegiatan tersebut bisa merangsang sel-sel otak pada anak untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

Orang tua juga bisa mengajak anak dengan bermain potong kertas sesuai bentuk yang sudah digambar dan ditempelkan pada kertas. Kegiatan tersebut juga bisa mendekatkan komunikasi antara anak dan orang tua.

3. Melatih Imajinasi

Seorang anak yang berusia 2 tahun sangat menyukai buku dengan gambar yang menarik. Maka biasakan untuk memberi cerita agar anak bisa berlatih untuk menyukai buku saat besar.

Buku dengan gambar yang menarik bisa memberikan stimulasi kepada anak untuk mengenal warna dan wujud benda dengan cepat. Sebab pada umur 2 tahun, imajinasi anak untuk bercerita sangat banyak. Buku menjadi salah satu tempat untuk meningkatkan imajinasi yang sedang dikembangkan oleh anak.

Berikn buku atau papan tulis untuk anak agar mereka bisa menggambar dan melatih rasa ingin tahu terhadap kedua benda tersebut. Menggunakan buku juga bisa menyalurkan imajinasi anak dari menulis.

4. Mainan Melatih Kemampuan Sosial

Dalam melatih kemandirian dan keberanian anak, perlu adanya kebiasaan orang tua untuk mengajak anak berinteraksi dengan teman seusianya. Cara melatih yang bisa dilakukan orang tua dengan mengajak permainan yang seru agar tidak mudah bosan.

Anak umur 2 tahun lebih suka permainan dengan warna yang mencolok. Berikan mainan balok atau pasaran yang bisa digunakan untuk dua anak. Jika anak sering melakukan permainan bersama temannya, saat sekolah anak tidak akan kaget untuk berinteraksi dengan teman seusianya. Contoh mainan yang bisa melatih kemampuan sosial yaitu dokter-dokteran, pasaran.

5. Mainan untuk Meningkatkan Kosa Kata

Anak usia 2 tahun biasanya sudah mulai memahami apa yang dibicarakan oleh orang sekitarnya. Mereka juga bisa mengikuti apa yang dibicarakan walaupun cara ejaannya masih belum jelas.

Maka orang tua bisa mencoba untuk melakukan mainan anak 2 tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kosa kata yang dimilikinya. Orang tua bisa mengajak anak dengan bermain kartu yang berisikan gambar dengan nama hewan.

6. Mainan Melatih Motorik Kasar

Melatih motorik kasar pada anak perlu dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kemampuan motorik yang bagus bisa membantu anak untuk bergerak dengan lincah saat olahraga dan menghindarkan dari kegemukan.

Mainan edukasi anak 2 tahun untuk meningkatkan motorik kasar anak bisa menggunakan permainan yang berada diluar area rumah seperti halaman atau lapangan. Permainan yang dapat digunakan untuk melatih motorik anak seperti permainan bola dengan gerakan melempar, menangkap dan menendang bola.

Mainan edukasi anak 2 tahun perlu dilakukan oleh orang tua untuk melatih kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Melakukan mainan yang dapat melatih kemampuan motorik bisa membawa anak lebih sehat dan bisa menjaga keseimbangan berpikirnya.