Wajib Coba! Inilah 6 Cara Mengajari Anak Agar Cepat Bicara

Perkembangan setiap anak berbeda, baik bicara maupun berjalan. Saat anak terlambat bicara, orang tua khawatir karena perkembangan anak berbeda dengan anak seusianya. Anda bisa menerapkan cara mengajari anak agar cepat bicara secara rutin.

Umumnya, anak mulai belajar bicara saat usianya 5 bulan. Di usia tersebut, anak mulai mengucapkan 1 kata maupun 2 kata dan pelafalannya belum jelas. Saat usia anak 10 sampai 15 bulan, kosakatanya semakin banyak dan perkembangan bicara semakin meningkat.

Cara Efektif Mengajari Anak Agar Cepat bicara

Peran orang tua mendukung perkembangan anak cepat bicara, Anda bisa mengajarkan pada anak setiap hari. Walaupun anak hanya membalasnya dengan tersenyum maupun tertawa, tetapi otak anak bekerja mencerna kosakata yang diucapkan orang tua dan teman bicara.

Jika memang sudah melakukan segala hal tersebut, langkah lainnya seperti mencoba terapi anak terlambat bicara juga bisa orang tua lakukan. Namun, sebelum itu menerapkan cara agar anak cepat bicara berikut ini:

1. Sering Mengajak Anak Bicara

Sering mengajak anak bicara termasuk cara mengajari anak agar cepat bicara yang utama. Anda tak perlu menunggu usia anak belajar bicara, seringlah mengajak anak bicara setelah ia dilahirkan di dunia.

Anda bisa mengajak anak bicara dari ucapan sederhana sebagai komunikasi dengan anak. Misalnya menyebut nama anak, menyebut nama orang tua dan ucapan sederhana lain. Walaupun anak belum merespon ucapan orang lain, tetapi ucapan tersebut menjadi kosakata yang disimpan di otak.

Interaksi orang tua dan sanak saudara dengan anak membuat anak cepat bicara saat usianya mendekati usia belajar bicara. Selain itu, seorang ibu yang masih menyusui bisa memperbanyak mengkonsumsi vitamin alami dari buah-buahan dan sayuran sehingga anak mendapatkan asupan nutrisi maksimal. Jika usia anak 2 tahun lebih tetapi belum bisa bicara, bisa memberikan vitamin agar anak cepat bicara.

2. Selalu Mengulang Kata yang Sama

Mengulang kata yang sama membantu anak cepat bicara, Anda bisa mengulang kata tersebut setiap hari sebagai komunikasi orang tua dan anak. Tujuannya agar kosakata yang di rekam otak anak semakin banyak. Pilihlah kata sederhana yang mudah di ingat balita, misalnya papa, mama, ini, balon, boneka dan lainnya.

3. Membacakan Dongeng

Cara mengajari anak agar cepat bicara selanjutnya adalah membacakan dongeng. Cara tersebut bisa digunakan saat usia anak sekitar 6 bulan sampai 2 tahun. Usia tersebut, indra pendengaran anak sudah semakin baik sehingga sinyal otak lebih cepat menangkap kalimat yang diucapkan orang lain.

Pilihlah dongeng sederhana yang disukai anak-anak sehingga mereka tidak bosan mendengarnya. Misalnya dongeng tentang hewan, kisah para nabi dan dongeng khas anak lainnya.

4. Memahami Bahasa Tubuh Anak

Orang tua harus memahami bahasa tubuh anak sehingga mengetahui cara tepat mengajari anak Anda bicara. Kenali seperti apa bahasa tubuhnya saat anak menangis dengan gerakan, saat tertawa dan lainnya.

Misalnya, saat anak menangis dan menunjuk ke arah minum. Anda bisa mengikuti gerakan tubuh anak dan mengucapkan kalimat “minum,” minta anak mengikuti kalimat yang Anda ucapkan. Lakukan cara tersebut setiap saat sehingga anak berusaha mengikuti kalimat yang Anda ucapkan walaupun suaranya belum jelas.

5. Mengajukan Pertanyaan pada Anak

Mengajukan pertanyaan pada anak termasuk cara melatih bicara anak umur 1 tahun karena kecerdasan anak sudah meningkat. Anda bisa menanyakan nama benda yang Anda tunjuk, jika anak tidak mengerti nama benda tersebut buatlah anak berpikir mengetahui nama benda tersebut.

Anda bisa mengucapkan 2 sampai 3 kata depan nama benda sehingga anak mudah menebak nama benda. Misalnya untuk nama benda gelas, Anda bisa mengucapkan “ge…” atau “gel…”

6. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik menjadi cara mengajari anak agar cepat bicara yang disukai orang tua karena hasilnya cepat. Selain itu, mendengarkan musik menjadi relaksasi dan bisa memberikan wawasan mengenai nada dan lagu.

Pilihlah lagu khas anak dan yang memberikan banyak manfaat sehingga anak mudah mengingat dan menirukan bait lagu. Misalnya lagu tentang hewan, buah-buahan, sayuran, sholawat nabi, lagu mengenai sahabat dan rasulnya.

Cara mengajari anak agar cepat bicara mudah diterapkan di rumah, yang terpenting adalah dukungan orang tua dan sanak saudara. Jika anak mengalami keterlambatan bicara, bisa mengkonsumsi makanan agar anak cepat bicara. Tetapi, konsultasikan dengan dokter anak sebelum melakukan berbagai hal sehingga tidak ada efek samping.